Rabu, 21 September 2016

PROGRAM KALKULATOR - JAVA NETBEANS


Membuat Program Kalkulator dengan bahasa pemrograman JAVA di netbeans
ok langsung saja..

buka netbeans yang sudah terinstall di PC anda
pertama kita buat lembaran projectnya terlebih dahulu

Membuat lembar kerja projectnya

klik file >> New Project
New Project
 setelah itu pilih kategori Java, dan Projectnya pilih Java Application Lalu klik  button/tombol next 

                                   
Java Application
lalu beri nama projectnya
beri nama projectnya
lalu buat Jframenya

dan beri nama Jframenya
 

kita sudah membuat lembar kerja project untuk membuat kalkulator
selanjutnya kita harus membuat tampilan kalkulatornya terlebih dahulu

Tampilan Kalkulator

Membuat tampilan/design kalkulator di netbeans sangatlah mudah, kita hanya perlu drag and drop button dan textfield yang ada di window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar
lalu sesuaikan bentuk button dan textfield sesuai yang kita inginkan
jadi nya seperti ini
tampilan kalkulator
lalu rubah variabel button dan textfieldnya untuk mempermudah pada saat kita koding
caranya kita hanya perlu klik kanan >> change variable name... >> ubah namnya >> OK
jika sudah semua maka hasilnya seperti ini

jika sudah diganti semua  nama variabelnya, sekarang kita bisa masuk ke dalam coding

CODING

Setelah selsai membuat tampilan kalkulatornya kita selanjutnya melakukan tahapan coding 
masuk ke source, klik tab source yang berada disamping tab design
lalu kita mendefinisikan tipe datanya terlebih dahulu
public class KalkulatorKu extends javax.swing.JFrame {
    String angka;
    double jumlah,angka1,angka2;
    int pilih;

    public KalkulatorKu() {
        initComponents();
        angka="";
    }
lalu beri kode berikut untuk button 0-9
angka += "x"; 
display.setText(angka); 
Nilai "x" sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField). Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka. 

kode berikut untuk koma (.)
angka += ".";
display.setText(angka);
untuk membuat simbol koma/point pada tampilan display

kode berikut untuk C(Clear)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka=""; 
untuk Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

kode berikut untuk Tambah(+)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

dan untuk tombol bilangan operasi lainnya kodenya sama, hanya saya kita rubah simbol bilangan operasinya saja dan kode pilih nya saja

kode berikut untuk kurang (-)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
kode berikut untuk kali(X)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

kode berikut untuk bagi (/)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

yang terakhir tinggal kode untuk hasil atau sama dengan (=)
kode berikut untuk sama dengan(=)
case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 2:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 - angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 3:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 * angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 4:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 / angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
}
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadiString agar yang bisa ditampilkan di display.

dan jika masih bingung kalian bisa melihat VIDEO TUTORIALNYA DISINI.... 



SEKIAN TUTORIAL MEMBUAT KALKULATOR DENGAN NETBEANS, JIKA ADA YANG KURANG JELAS BISA LIHAT VIDEO YANG SUDAH SAYA BUAT DAN BISA JUGA COMMENT DI BAWAH. TERIMAKASIH

1 komentar :

Titanium Prices & Guide - TITIIAN ART - Theatian Art
At Theatian men\'s titanium wedding bands Art Institute we work to create authentic art and architecture ceramic or titanium flat iron that honors the art of the art titanium sheets and culture. This is our titanium mens wedding bands mission to columbia titanium pants build

Posting Komentar